cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022" : 20 Documents clear
Peran Orang Tua dan Guru Dalam Membimbing Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Ermawati, Yuni Erma; Oktrifianty, Erdhita; Muttaqijn, Imam
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.40397

Abstract

Siswa masih banyak kesulitan dan merasa bosan ketika mengikuti pembelajaran secara online. Selain itu, terdapat beberapa kendala yang dihadapi orang tua dan guru saat pembelajaran online, sehingga tujuan pembelajaran tidak berjalan maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis peran orang tua dan guru dalam membimbing pembelajaran daring dan kesulitan yang dirasakan orang tua dan guru dalam membimbing pembelajaran daring. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan, analisis data bersifat induktif/kualitatif. Subjek penelitian yaitu orangtua dan guru sejumlah 11 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar wawancara. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum sepenuhnya peran orang tua dapat dilaksanakan dalam membimbing anak melaksanakan pembelajaran daring. Orang tua yang bekerja tidak bisa sepenuhnya berperan membimbing, mendamping, membantu anak mengerjakan tugas  dalam pembelajaran daring. Fasilitas yang dipersiapkan orang tua untuk anak belajar secara daring ini seperti handphone dan alat kebutuhan untuk belajar sudah cukup memadai. Guru melakukan pembelajaran melalui whatsapp grup, zoom, google meet, dan google drive. Guru sellu memberikan perhatian yang sungguh-sungguh kepada siswa agar siswa tetap semangat mengikuti pembelajaran secara daring.
Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology pada Era Revolusi Industri 4.0 Kurniati, Titi; Wiyani, Novan Ardy
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.41411

Abstract

Keterbatasan sarana pendidikan ini menjadi masalah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu, kehadiran IT di sekolah atau di institusi pendidikan merupakan keharusan. Pihak-pihak pengelola pendidikan sudah saatnya melakukan usaha dan upaya agar sekolah atau intitusi pendidikan yang dikelolanya dilengkapi dengan fasilitas IT ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi pembelajaran berbasis TIK di era revolusi industri 4.0, jenis aplikasi yang digunakan, manfaat, dan kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, menyajikan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah evaluasi pembelajaran berbasis TIK telah dilaksanakan, berbagai aplikasi yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran berbasis TIK adalah google form, quizziiz, SapKur, dan dalam mengolah nilai harian menggunakan Sapkur, dan e-report untuk memproses nilai hasil. Kajian akhir tahun atau rapor. Manfaat dari aplikasi berbasis TIK ini sangat membantu guru, wali kelas, dan sekolah dalam mengevaluasi pembelajaran meskipun ada kendala yang dihadapi oleh guru yang gagap teknologi, sehingga mengalami kesulitan dalam menggunakan beberapa aplikasi. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan bimbingan melalui pelatihan yang dilakukan oleh sekolah.
E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Agung, I Dewa Gede; Suardana, I Nyoman; Rapi, Ni Ketut
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.42657

Abstract

Hasil survei PISA 2018 menyatakan bahwa skor sains siswa Indonesia menduduki peringkat ke-70 dari 78 negara. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-modul IPA dengan model STEM-PjBL berorientasi pendidikan karakter yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four-D Models) yang meliputi define, design, develop dan disseminate. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pemberian angket validasi, angket kepraktisan, dan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Adapun rancangan penelitian untuk uji keefektifan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Data hasil penelitian di analisis dengan analisis validasi Gregory, N-gain score ternormalisasi dan analisis skor rata-rata. Hasil penelitian yaitu pertama, validitas materi e-modul dengan kualifikasi sangat baik. Kedua, validitas media e-modul dengan kualifikasi sangat valid. Ketiga, validitas bahasa e-modul dengan kualifikasi sangat valid. Keempat, hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa e-modul sangat praktis dari praktisi guru dan (2) e-modul sangat praktis dari praktisi siswa. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa  terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul telah memperoleh penilaian yang valid dari segi materi, bahasa, dan media dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Matematika Realistik Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Pembagian di Sekolah Dasar Sari, Ninit Permata; Yufiarti, Yufiarti; Makmuri, Makmuri
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.32613

Abstract

Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Hal ini dialami siswa karena guru menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk menganalis pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman siswa tentang konsep pembagian di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan teknik analisis data penelitian yang sudah ada sebelumnya. Data yang dihimpun melalui data artikel dan jurnal. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, selanjutnya teknik yang dipakai adalah telaah pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara guru dan siswa sebagai bagian dari proses pembelajaran. Dengan terjadinya interaksi, siswa dapat belajar mengungkapkan argumen dan memahami argumen orang lain sebagai pencocokan informasi. Pemahaman siswa tentang konsep pembagian yang diajar dengan penerapan matematika realistik lebih meningkat daripada dengan metode belajar konvensional. Penerapan matematika realistik terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang konsep pembagian juga disertai peningkaan kemampuan belajar matematika lainnya, antara lain: motivasi belajar matematika siswa, kepercayaan diri siswa terhadap matematika, dan kreativitas siswa dalam belajar matematika.
The Academic Supervision Before and During the Covid-19 Pandemic and The Factors That Influence Them Dewi, Maria Wulan; Dwikurnaningsih, Yari
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.43186

Abstract

Masalah yang muncul saat ini adalah rendahnya kinerja pendidik, sehingga diperlukan pemimpin yang dapat meningkatkan kinerja pendidik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan supervisi akademik sebelum dan selama masa pandemi serta untuk mengetahui kendala yang harus dilakukan sekolah dalam melakukan supervisi akademik oleh kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang terkumpul ditulis dalam bentuk deskripsi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah empat kepala sekolah dan enam guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu pertama, pelaksanaan supervisi akademik sebelum pandemi keempat sekolah sudah baik dan mengikuti langkah-langkah supervisi akademik yang benar. Kedua, pelaksanaan supervisi akademik pada masa pandemi masih belum terlaksana dengan baik, hanya satu sekolah yang dapat melakukan supervisi akademik dengan baik. Ketiga, kendala yang terjadi adalah rasio kepala sekolah dan guru yang tidak seimbang, beban kerja kepala sekolah yang tinggi, kejadian mendadak yang membuat supervisi akademik dijadwal ulang, dan guru yang belum siap. Kendala di masa pandemi adalah sulitnya melakukan penilaian sesuai dengan standar instrumen supervisi akademik, kurang komunikasi antara kepala sekolah dan guru, dan sulitnya memantau prestasi belajar.
Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Information and Communication Technology Pamuji, Slamet; Wiyani, Novan Ardy
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.42726

Abstract

Saat ini dunia pendidikan Indonesia termasuk pendidikan dasar masih menghadapi berbagai persoalan yang sangat serius dan kompleks, mulai dari rendahnya alokasi anggaran dipandang dari sudut bantuan dana dari pemerintah, kurang memadainya penataran pelatihan dalam peningkatan kompetensi profesional guru yang disebabkan oleh masih kecilnya anggaran pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengelolaan pembiayaan di MIM Gandatapa, jenis aplikasi yang digunakan, manfaat dan kendala yang dihadapi. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, menyajikan data, mereduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembiayaan pendidikan atas biaya pemerintah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pendidikan ke arah yang lebih baik. Diperlukan strategi pengelolaan karena dapat menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan yang akan dihadapi. Penjelasannya dalam pelaksanaan pembiayaan pendidikan cukup banyak kendala yang dihadapi kepala sekolah. Kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu untuk menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan teknologi informasi dapat mengakibatkan adanya perubahan kebiasaan kerja.
Profil Pengelolaan Perpustakaan di Sekolah Dasar Lestari, Anggi Puspa; Ramadan, Zaka Hadikusuma
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.43442

Abstract

Bidang pendidikan telah banyak melakukan inovasi, baik secara teknologi maupun sumber bahan sarana pendidikan. Dalam proses pembelajaran terdapat suatu proses kegiatan usaha untuk membimbing siswa agar aktif dalam proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Salah satu kegiatan pembelajaran yang bisa dilakukan siswa di luar kelas, yaitu di perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana dan fasilitas penyelenggaraan pendidikan, sehingga setiap sekolah semestinya memiliki perpustakaan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis interaktif model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pengelolaan perpustakaan masih harus ditingkatkan kembali dan harus dikelola dengan baik lagi. Kedua, sarana prasarana yang ada masih belum sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP), sehingga harus diperhatikan lagi, baik oleh kepala sekolah maupun petugas perpustakaan sekolah. Ketiga, hambatan-hambatan dalam pengelolaan perpustakaan yaitu program perpustakaan, gedung atau ruang perpustakaan, dan tenaga perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian profil pengelolaan perpusutakaan sekolah didapatkan bahwa pengelolaan perpustakaan masih belum ideal.
Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pendidik pada Masa Pandemi Covid-19 Putra, Dino Adi; Ernawati, Ernawati; Giadman, Muhammad
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.34389

Abstract

Berbagai tantangan, masalah, dan kendala yang dihadapi oleh seorang pedidik, mulai dari penyebab siswa, keluarga siswa, serta fasilitas, dan sumber daya yang kurang representatif. Akibatnya, guru harus memainkan peran kunci dalam membimbing atau mengelola instruksi, dimulai dengan menyiapkan, mengoordinasikan, menerapkan, dan meninjau untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar selama pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, baik secara online maupun offline. Penelitian ini bertujuan untuk  memanajemenkan pembelajaran daring dalam meningkatkan efektivitas proses pendidikan di masa pandemik covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survey yang dilakukan secara online. Sampel penelitian ini adalah 35 guru yang mengajar di tingkat Sekolah Menengah Pertama, baik dari sekolah negeri maupun swasta di wilayah Pesisir Selatan. Instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan secara online menggunakan link ms.form. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online telah terlaksana dengan efektif dilihat dari kesiapan guru. Dari hasil yang didapatkan,  guru siap mengikuti suatu perubahan, senang dalam menggunakan media pembelajaran online, mendukung jika sistem pembelajaran online ini diterapkan untuk selanjutnya. Hanya beberapa guru yang menyatakan bahwa waktu pembelajaran online berjalan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial Nurhayati, Nurhayati; Adi, Panggi Nur
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.43899

Abstract

Masih banyak mahasiswa yang memiliki sifat kurang peduli sosial di sekitar lingkungan masyarakat, seperti adanya teman atau orang tertimpa musibah.  Hal yang pertama dilakukan bukanlah membantunya. Sebaliknya individu lebih suka sibuk mengabadikan sekelilingnya dengan memvidiokan, memotret, atau menyebarkan pada jejaring media sosial. Tujuan penelian ini adalah untuk menganalisis pengembangan kepedulian social bagi mahasiswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 100 orang mahasiswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu total sampling, pendekatan kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar angket. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu pertama, peduli lingkungan kampus diperoleh hasil bahwa mahasiswa tidak peduli dalam lingkungan kampus berkisar 13,10% sedangkan siswa yang peduli lingkungan kampus berupa 86,90%. Kedua, peduli lingkungan masyarakat diperoleh hasil bahwa mahasiswa tidak peduli dalam lingkungan masyarakat berkisar 14,09%, sedangkan mahaiswa yang peduli lingkungan masyarakat berupa 85,91% ,3. Peduli lingkungan keluarga diperoleh hasil bahwa mahasiswa tidak peduli dalam lingkungan keluargaberkisar 15,24 % sedangkan mahasiswa yang peduli lingkungan kampus berkisar 84,76%. Masih terdapat mahasiswa mahasiswi yang kurang peduli terhada linkungannya seperti pada lingkungan kampus dan peduli pada lingkungan keluarga maupun peduli lingkungan masyarakat.
Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Aswidar, Rika; Saragih, Siti Zahara
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 6, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v6i1.43373

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu rendahnya tingkat kesadaran siswa untuk memahami dan mengaplikasikan sikap religius pada kehidupan kesehariannya. Misalnya, siswa perempuan, kurangnya kesadaran untuk mengenakan jilbab ketika di luar rumah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pendidikan karakter religius, toleransi, serta karakter disiplin. Penelitian menggunakan pendekatan  deskriptif  kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 6 guru serta responden sebagai sample sebanyak 100 siswa dari 170 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Penelitian menggunakan teknik untuk menganalisis data yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter religius sebanyak 76% (sangat setuju) untuk menerapkan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Perilaku siswa yang menerapkan pendidikan karakter toleransi sebanyak 47% yang merespon sangat setuju terkait dapat memaafkan kesalahan orang lain. Perilaku siswa yang menerapkan karakter disiplin sebanyak 68% yang menyatakan sangat setuju untuk menaati peraturan yang berlaku yang ada di sekolah. Dapat disimpulkan bahwa penerapan karakter religius, toleransi, dan disiplin di sekolah termasuk dalam kategori baik. Diharapkan seluruh siswa menerapkan karakter religius, toleransi, dan disiplin.

Page 1 of 2 | Total Record : 20